HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.224.83.221
Pengunjung : 723.884






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

SEJARAH 

SMP  TARAKANITA  1


SMP Tarakanita 1 berdiri sejak 1 Agustus 1958 menempati areal seluas 3.200 m2 yang beralamat  di Jalan Wolter Monginsidi 118, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Didirikan oleh Yayasan Tarakanita yang diasuh oleh Suster-suster Tarekat Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus, yang dikenal dengan Suster CB. Sampai saat ini telah meluluskan 57 Angkatan ± 12.895 siswa.
Pada awalnya SMP Tarakanita I menempati gedung SD Tarakanita II , karena waktu itu gedung SMP ini digunakan SMA Tarakanita 1. Menempati gedung ini ,yang semula masih satu lantai, setelah SMA pindah ke Jalan Pulo Raya IV/17 yaitu pada tahun 1971. Sampai dengan tahun 1973 SMP Tarakanita I adalah sekolah putri, seperti halnya SMA, tetapi dalam perkembangan selanjutnya, karena desakan masyarakat, maka mulai tahun 1974 menerima siswa laki-laki. Pada waktu itu jumlah siswa laki-laki hanya 1/5 dari siswa perempuan (sekarang 2:3). Setelah SMA Tarakanita pindah, sekolah dibangun 3 lantai dan diresmikan pada tanggal 6 April 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin dan diberkati Mgr. Leo Soekoto S.J (alm) Uskup Agung Jakarta. Semula SMP Tarakanita 1 lebih dikenal sebagai SMP Tarakanita Blok Q atau sering disingkat Tar Q, lama-lama menjadi Tarki karena terletak di wilayah Blok Q untuk membedakan dengan Tarakanita yang lain. Munculnya tambahan angka 1 sejak berdirinya SMP Tarakanita Pluit tahun 1973 yang kemudian diberi nama Tarakanita 2, untuk Blok Q tentu saja menjadi SMP Tarakanita 1.